Harga Kubah Masjid Enamel Siap Pasang

Kubah masjid ini seakan sudah menjadi sautu keharusan atau kelaziman di kalangan umum bahwa setiap bangunan masjid harus dan bahkan wajib dilengkapi dengan bangunan kubah. Salah satu dari fungsi kubah juga yaitu bagi orang yang berada di dalam perjalanan dan hendak ke masjid, biasanya menggunakan kubah sebagai acuan pencariannya.

Bagi anda yang ingin memesan bangunan kubah masjid enamel untuk proyek pembuatan masjid yang anda rencanakan,maka sejenak anda akan merasa penasaran dengan teknik serta cara membuat kubah masjid bukan? Karena kubah mempunyai ukuran yang besar serta mempunyai bentuk yang sangat beragam,dan mungkin juga anda akan merasa penasaran tentang bagaimana cara membuatnya?

Harga Kubah Masjid Enamel Siap Pasang

Seperti yang kita ketahui, saat ini bentuk kubah semakin beragam, baik ukuran, warna maupun coraknya. Begitu juga dengan bahan dasar yang digunakan untuk membuatnya. Bahan yang akhir-akhir ini sering di gunakan untuk membuat kubah adalah bahan dari baja ringan yaitu galvalum dan enamel. Enamel terbuat dari baja low carbon yang dilapisi dengan suatu bahan dari paduan silica atau kaca, kemudian dilebur diatas baja bermutu tinggi yang biasa disebut Enamel. Kubah yang terbuat dari bahan enamel inilah yang sering di sebut orang sebagai kubah enamel.

Untuk membuat sebuah kubah bukanlah hal yang mudah, sampai akhirnya menjadi sebuah kubah yang indah dan megah membutuhkan proses dan waktu yang cukup panjang. Proses yang paling awal adalah pembuatan rangka kubah. 

. Pengertian rangka kubah masjid

Rangka kubah masjid terbuat dari rangkaian-rangkaian pipa yang diameternya sekitar 1.5” sampai 3” (ada juga yang menyesuaikan dengan diameternya).

  • Kubah yang hanya mempunyai diameter sekitar 15 meter atau lebih dari itu,maka di sarankan untuk menggunakan Space frame (ball joint) atau rangka kremona sebagai rangka utama pada kubah.
  • Kubah yang diameternya kurang dari 15 meter bisa menggunakan kuda-kuda dengan bentuk mono sebagai rangka kubah pengganti.

2. Dalam pembuatan rangka kubah, adapun alat-alat yang di gunakan antara lain :

  • Peralatan untuk memanjat
  • Tali tambang
  • Roll Meter
  • Trafo las
  • Gerinda tangan
  • Bor tangan
  • Water pas
  • Kunci pas, ukuran 18 – 20
  • Kuas

3. Berikut adalah proses pembuatannya

  • Membuat desain rangka kubah sesuai dengan diameter dan perhitungan beban kubah, untuk mengetahui berapa pipa yang dibutuhkan.
  • Setelah di gambar, maka dapat diketahui berapa ukuran pipa hitam yang akan digunakan.
  • Yang pertama dilakukan saat pemasangan rangka adalah, mendirikan tiang atau rangka yang berdiri sampai terangkai dengan baik.
  • Berikutnya adalah pemasangan gording yang menghubungkan dengan rangka sampai melingkar

4. Adapun tipe rangka kubah ada 3 jenis, yaitu :

  • Tipe rangka kubah Space Frame Ball Join

Tipe rangka kubah jenis ini biasanya digunakan untuk kubah yang tingginya rata-rata 20 – 50 meter

  • Tipe Rangka kubah Cremona

Tipe rangka kubah jenis ini biasanya digunakan untuk kubah yang tingginya antara 13 – 35 meter

  • Tipe rangka kubah Monotrust

Tipe rangka kubah jenis ini biasanya digunakan untuk kubah yang tingginya kurang dari 15 meter

Desain dan bahan rangka kubah mempengaruhi kekuatan dan juga untuk varian harga kubah masjid. Karena itu, harga yang ditawarkan setiap kontraktor kubah masjid selalu berbeda-beda.

Harga Kubah Masjid Enamel Siap Pasang

Dari ke tiga tipe rangka diatas, yang paling banyak digunakan dalam bidang konstruksi baja adalah tipe space frame ball join. Adapun keunggulan dari tipe rangka space frame di bandingkan tipe rangka lainnya yaitu :

  • Karena space frame ball join sangat ringan, sehingga struktur space frame ball join dapat digunakan dalam bentang yang panjang.
  • Space frame ball join juga merupakan system struktural berupa elemen linear, sehingga gaya yang terjadi dapat diteruskan menjadi elemen tiga dimensi
  • Space frame ball system merupakan konstruksi rangka ruang yang terdiri dari tiga elemen, yaitu : elemen bola dua (ball join), batang pipa (member), dan connector set, yang susunannya seperti gambar berikut ini.
  • Tahan hingga 100 tahun dan mempunyai tampilan estetikan yang bagus
  • Fleksibel karena bentuknya dapat di pesan sesuai keinginan
  • Pemasangannya cepat dan mudah karena menggunakan system knock down/bongkar pasang

Kami akan membuka proses pembuatannya sehingga semua client termasuk anda tahu apa saja dan bagaimana prosenya :

1. Mendengar kemauan client

Yang pertama-tama ketika Anda sudah fix akan memesan bangunan kubah masjid,maka yang akan di dengar oleh pemborong kubah masjid adalah mendengar terlebih dahulu tentang apa kemauan anda. Kebanyakan para pemborong bangunan ini akan mencatat dan juga memberikan kepada Anda saran atau masukan dengan pesanan kubah yang hendak anda bangun,baik menggunakan bahan dari enamel atau galvalum atau bisa juga dengan bahan sesuai dengan apa yang anda inginkan. Anda bisa memberikan request terhadap warna atau ornamen lainnya.

2. Proses desain Kubah Masjid

Cara membuat kubah masjid yang kedua adalah dengan melalui proses mendesain kubah masjid. Setelah mendapatkan apa yang Anda inginkan untuk bangunan kubah masjid ini, maka selanjutnya adalah pemborong akan membantu Anda untuk menuangkan keinginan anda ke dalam desain tersebut. Biasanya jasa pemborong kubah masjid ini memiliki lebih dari 3 desainer yang disiapkan secara khusus untuk mendesain bangunan kubah masjid yang anda impikan,lalu selanjutnya adalah memperioritaskan pesanan anda dengan memilih desainer yang ahli di bidangnya.

Kami menggunakan komputer untuk mendesain kubah pesanan Anda sehingga lebih rapi dan detail. Nantinya para pemborong kubah masjid ini akan bekerja sama dengan para desainer handa guna mendesain kubah masjid itu menjadi sebuah gambaran dalam tampilan 3D dan 2D sehingga Anda bisa mengetahui lebih dalam lagi tentang bangunan kubah masjid yang anda inginkan

3. Proses pemasangan rangka kubah

Selanjutnya kami akan melanjutkan pada proses pemasangan rangka kubah, kami menggunakan bahan yang kuat dan dipasang oleh para ahli yang sudah profesional dalam bidang ini. Setelah rangka utama dan rangka pendukung kubah selesai di pasang kami akan melanjutkan pada proses pemasangan atap kubah, sisi kubah yang menggunakan bahan Enamel dan Galvalum sehingga membuat kubah semakin kuat dan berkualitas.

Secara struktur langkah-langkah sudah kami jelaskan tentang cara pengerjaan membangun kubah masjid,kali ini kami juga akan menyuguhkan kepada anda tentang Enamel itu sendiri.

Kebanyakan sekarang ini bangunan kubah pada masjid menggunakan bahan yang disebut dengan enamel,bahan ini mempunyai keunikan tersendiri untuk rangka kubah masjid. Pemilihan bahan yang terbuat dari enamel yakni tahan pada korosi,sehingga akan tahan lebih lama dibandingkan dengan jenis yang lain,tak hanya itu saja bahan enamel ini juga sangat cocok untuk bangunan masjid yang berada di dengan pesisir pantai.

Pembuatan kubah masjid enamel atau dalam istilah bahasa inggris disebut dengan enamel coating adalah langkah yang sangat irit membuat perlindungan tiap-tiap produk yang terbuat dari materi basic logam dengan hasil yang begitu halus, mengkilap, serta ada dalam sangat banyak jenis warna pilihan terutamanya dalam Pembuatan Kubah masjid / Kontraktor Kubah Masjid.

Uncategorized

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*