Jenis-Jenis Ikan Koi

Jika anda gemar memelihara ikan koi,maka sudah pasti anda harus terlebih dahulu untuk mempelajari tentang perbedaan ikan koi,serta mengenali secara detail bentuk,pola serta warna dasar pada ikan koi. Yang mana secara garis besar jenis ikan koi ini didominasi oleh jenis Gosanke, Shiro (putih), Utsurimono, Asagi, Tancho, Hikarimono, Goromo, Hikarimoyo, Matsuba, dan Kawarimono.

Jenis-Jenis Ikan Koi

Perlu anda ketahui juga bahwa jenis Ikan Koi ternyata sangat beragam. Tidak hanya satu saja. Ikan koi ini merupakan jenis ikan yang masih berkerabat dengan jenis ikan hias lain seperti  ikan Mas ini dan ikan karper. Hal yang membedakan kedua jenis tersebut adalah terdapat pada warna kulitnya. Uniknya, penamaan Koi menggunakan nama-nama dalam istilah Jepang. Mengapa begitu? Hal ini dikarenakan ikan hias koi adalah ikan hias yang sangat populer di negara Jepang.

1. Jenis Ikan Koi Kohaku 

Ikan koi kohaku adalah salah satu jenis ikan koi yang tentu saja jenis yang paling terkenal dan konon jenis kohaku ini merupakan jenis koi paling tua di antara ikan koi jenis lainnya. Ikan Koi kohaku ini paling banyak dijumpai di berbagai tempat dan cukup familiar di kalangan masyarakat. 

Ikan koi kohaku adalah jenis koi yang mempunyai warna dasar putih cerah dengan perpaduan warna merah yang menyala di sekujur tubuhnya. 

2. Ikan Koi Kujaku

Yang kedua ialah jenis koi kujaku. Yang mana jenis ikan koi kujaku adalah ikan koi dengan tingkat kemiripan hampir sama dengan jenis kohaku. Namun bukan hanya mirip saja,dalam hal penyebutan nama saja pun sekilas hampir mirip melainkan,lalu untuk bagian ciri-ciri dasar kujaku juga terdapat pada corak warnanya yang sekilas juga hampir mirip dengan jenis kohaku. Ikan Koi kujaku ini dasarnya berwarna putih tulang dan disertai dengan tambahan corak warna merah/orange sedikit kehitaman dan secara merata di sekujur tubuh.

3. Ikan Koi Shiro Bekko

Ikan Koi shiro merupakan  jenis ikan koi air yang dikenal cukup indah. Hal ini,sangat sesuai dengan namanya (shiro), ikan koi ini shiro bekko hampir sama dengan jenis shiro matsuba,hanya saja untuk shiro bekko ini mempunyai corak warna hitam dengan bentuk yang besar dan mendominasi di setiap tubuh,namun untuk shiro matsuba mempunyai corak hitam dengan bentuk yang kecil dan sangat jarang.

4. Jenis Koi Shiro Utsuri

Ikan Koi utsuri dan shiro bekko merupakan jenis koi dengan varian yang sekilas hampir sama. Padahal jika dilihat secara detail terdapat banyak perbedaan yang cukup mendasar pada warna dan juga polanya.

Koi jenis Shiro bekko dan shiro utsuri merupakan jenis koi yang sama sama memiliki dua warna hitam putih. Namun varian warna untuk shiro bekko ini mempunyai warna dasar putih lalu ditambah sedikit adanya bercak hitam. Sedangkan shiro utsuri mempunyai dasar warna hitam sebagai warna dasar dan bagian corak berwarna putih sebagai tambahan akan perpaduan warna pada tubuhnya.

5. Ikan Koi Shiro Matsuba

 Ikan koi jenis shiro memang agak sedikit berbeda dengan jenis ikan koi pada umumnya,yang mana penuh dengan warna serta corak yang begitu tajam,namun hal tersebut tak berlaku dengan ikan koi jenis shiro,yang mana mempunyai ciri khas warna dasar putih dengan perpaduan warna hitam dan berada tepat di  bagian sisik nya,maka tak heran jika terlihat secara sekilas ikan koi shiro matsuba ini akan nampak seperti sebuah jaring dengan warna hitam pekat. Ikan ini juga cukup terkenal dan harganya juga dibilang masih standar seperti ikan koi jenis lainnya.

Uncategorized

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*