Manfaat Tanaman Daun Ungu

Manfaat Tanaman Daun Ungu

Manfaat Tanaman Daun Ungu – Tanaman daun ungu merupakan salah satu tanaman hias yang sering kita jumpai di sekeliling kita. Tanaman hias  yang satu ini banyak ditanam di pekarangan rumah, di dalam pot dan tempat-tempat lainnya.

Nama latin dari tanaman daun ungu ini adalah Graptophyllum Pictum L. Grififith. Sementara nama lain tanaman daun ungu dalam bahasa Inggris adalah caricature plant. Menurut sejarah, tanaman hias ini berasal dari Papua Nugini.

Kemudian tanaman daun ungu mulai menyebar hingga berbagai wilayah mulai dari Antartika, Bolivia, Kosta Rika, Kongo, Honduras, Ekuador, Indonesia, Meksiko, Panama, Nikaragua, Papua Nugini,  Kepulauan Solomon, dan Amaerika Serikat.

Ciri-ciri khusus dari tanaman hias ini adalah mempunyai daun kecil yang berwarna ungu. Fungsi dan kegunaan dari tanaman hias daun ungu adalah sebagai pagar hidup dan tanaman hias karena mempunyai daun yang sangat indah nan cantik.

Namun perlu Anda ketahui bahwa tanaman hias daun ungu ternyata juga bisa dimanfaatkan sebagai obat herbal alami untuk mengatasi berbagai macam penyakit yang ada di tubuh manusia.

Bagaian tanaman daun ungu yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai penyakit adalah pada bagian daunnya. Selain terlihat sangat indah, daun ini sangat berkhasiat untuk kesehatan.

Kandungan Tanaman Daun Ungu

Tanaman daun ungu memiliki beberapa kandungan penting yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Beberapa kandungan penting yang ada pada tanaman daun ungu adalah alkaloid, tanin, flavonoid dan steorid.

Manfaat Tanaman Daun Ungu

Tanaman daun ungu berkhasiat untuk menyembuhkan beberapa penyakit, diantaranya :

  1. Tanaman daun ungu bermanfaat untuk mengobati penyakit kulit seperti borok, bisul, melembabkan kulit, dan bengkak.
  2. Tanaman daun ungu bermanfaat untuk obat diuretik.
  3. Tanaman daun ungu dapat mengatasi sembelit.
  4. Tanaman daun ungu dapat menyembuhkan sakit kepala.
  5. Tanaman daun ungu bisa memperlancar menstruasi atau haid.
  6. Tanaman daun ungu bermanfaat sebagai obat batu ginjal.
  7. Tanaman daun ungu mampu menyembuhkan penyakit wasir.
  8. Tanaman daun ungu dapat digunakan untuk menurunkan gula darah (diabetes).

Baca juga : https://www.agrosejahtera.co.id/jual-pohon-gaharu/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *