Wisata Religi Ke Masjid Hubbul Wathan Lombok

Sebuah Kota yang berada tepat di provinsi Nusa Tenggara Barat adalah sebuah kota yang sampai saat ini dijuluki sebagai masjid Kepulauan Seribu, itu karena daerah di kota Lombok memiliki banyak masjid dan masjid milik kategori utama.

Wisata Religi Ke Masjid Hubbul Wathan Lombok

Dan di antara serangkaian masjid di Lombok, sebuah masjid yang dianggap cukup megah dan sangat populer dan sampai sekarang telah menjadi daya tarik utama bagi masyarakat Lombok, dan dapat berfungsi sebagai magnet untuk semua perjalanan, terutama di luar pulau Lombok.

Nama masjid ini adalah Masjid Hubbul Wathan mana bangunan masjid ini terletak di Islamic Center Complex, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Masjid megah ini memiliki berbagai varian warna yang semua warnaya ini didominasi oleh warna kuning, serta terdapat berbagai macam fitur arsitektur tambahan lain pada masjid ini yang begitu indah dan sangat besar. Masjid ini dibuka untuk umum sejak 2013 lalu dan sampai sekarang lebih banyak orang disukai masjid Wathan Hubbul ini, terutama untuk penduduk setempat dan wisatawan.

Tidak hanya hubbul wathan mengunjungi masjid, tetapi para wisatawan yang datang ke sini juga bisa dapat memanjat menara Islamic Center Hubbul Wathan ini.

Masjid megah yang berada di tengah-tengah pulau Lombok ini merupakan sebuah ikon tersendiri bagi Kota lombok yang sampai sekarang di juluki sebagai tanah dengan seribu masjid,dan hal ini pun semakin tak terbendung dengan adanya bangunan Masjid Wathan ini.Masjid Hubbul dibangun di atas lahan seluas 7,6 hektar, dan masjid ini kompleks Islamic Center yang digagas oleh Gubernur NTB pada saat itu , yaitu TGB Zainul Majdi.

Masjid ini dibangun dengan luas 3,6 hektar, yang semua terdiri dari empat lantai yang dapat menampung hingga 25.000 jamaah berdoa. Masjid  ini juga dilengkapi dengan kompleks yang berfungsi optimal sebagai ruang untuk acara pertemuan dan juga disebelahnya terdapat area parkir yang sangat luas.

Wathan Hubbul masjid juga masjid yang begitu indah, dan semuanya juga ditingkatkan dengan kehadiran empat menara dengan bentuk persegi enam dan ada sebuah menara 99 meter yang bisa kita gunakan untuk menikmati kota indah Mataram.

Sejak masjid ini diresmikan pada bulan September 12, 2016 lalu, seketika itu juga masjid hubbul watan ini telah beberapa kali telah menyelenggarakan berbagai macam kegiatan berbasis keagamaan dan juga telah menjadi ikon utama dalam urusan branding pariwisata bernuansa islami. 

Di antara kegiatan yang pernah dilaksanakan adalah Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-26 secara nasional, dan juga memiliki yang dibutuhkan tempat untuk pameran replika pedang Nabi Muhammad dan para sahabatnya, dan ada juga seni dan budaya Islam seperti tari berputar sufi darvishkhas, khas tarian cabai, serta fashion show (fashion) Islami.

Masjid Wathan Hubbul Masjid juga bisa menceritakan kami berbagai pendidikan, untuk mengetahui lebih baik tentang ajaran Islam. Dan bahkan Ketua Malaysia Perhimpunan Hotel Negeri Sembilan Bab, yaitu Haziz Hasan mengakui bahwa masjid Wathan Hubbul merupakan sarana untuk memperkuat studi Islam yang berdedikasi di kota Lombok.

Haziz Hasan adalah seorang terpelajar yang berasal dari negeri Jiran Malaysia di mana ia juga sempat merencanakan dan tentu akan mengarah pada memorizers Quran di Negeri Sembilan kunjungan dan juga untuik belajar tentang ajaran dunia Islam di masjid Hubbul Wathan.

Haziz juga dianggap bahwa tingkat kompleks Islamic Center merupakan bukti keseriusan pemerintah provinsi NTB NTB dalam mengembangkan pariwisata halal dan memperkuat nilai-nilai spiritual.

Tidak hanya bangunan, masjid Wathan Hubbul itu juga memiliki filosofi bahwa terletak pada nama serta bangunan. Sesuai namanya, Hubbul Wathan, yang berarti cinta tanah air.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *